×
Pusat Kajian Produk Halal UNMA Banten memiliki aplikasi android pecarian produk yang sudah bersertifikat halal. silakkan di download Apk Android PKPH

Wapres Apresiasi Pembentukan Jaringan Investor Halal Startup

(PKPH, Jakarta)-Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi pembentukan jaringan investor tunggal atau angel investor untuk usaha rintisan (startup) halal , sebagai salah satu cara bagi Indonesia mengejar ketertinggalan pengembangan industri halal di tingkat global.

 Jaringan investor yang diberi nama Indonesian Halal startup Business Angle investor Network (IHSAN) tersebut dibentuk oleh Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) dengan dibantu oleh pengusaha asal Amerika Serikat sekaligus pendiri Halal Angels Network, Tausif Malik.

"Saya dengar HPN mulai serius menggarap start up business di kalangan millenialpreneur yang akan menggalang potensi investasi pengusaha Muslim dari seluruh dunia. Ini adalah langkah nyata yang membanggakan dan butuh istiqamah untuk diperjuangkan," kata Ma'ruf dalam pidato kuncinya di acara Hari Lahir Ke-9 HPN secara virtual dari Jakarta, Jumat (9/10).

Ma'ruf mengatakan industri halal harus dikembangkan karena Indonesia memiliki potensi tinggi, baik dari segi sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA), untuk menciptakan produk-produk halal. Selama ini, Indonesia hanya berperan sebatas pemberi label atau sertifikat halal bagi produk-produk dari luar negeri.

Wapres juga meminta HPN dapat memanfaatkan peluang dalam pengembangan industri halal, baik di sektor makanan, pakaian, finansial, obat-obatan hingga kosmetika. Hal itu bertujuan agar Indonesia dapat mengejar ketertinggalan industri halal, setidaknya dari negara-negara Asia Tenggara.

"Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia masih harus mengejar beberapa negara seperti Malaysia, yang telah lebih dahulu secara serius menggarap halal industry," ujarnya.

Angel investor merupakan individu dengan kekayaan bersih tinggi yang menginvestasikan dananya untuk perusahaan rintisan. Biasanya, investor jenis tersebut mengutamakan pada upaya membantu perusahaan rintisan dan mengesampingkan laba.

Melalui program IHSAN, HPN berharap akan semakin banyak pengusaha startup dari para nahdliyin untuk mengembangkan industri halal di Indonesia.

Sumber: Republika


Tags :