Prodi Biologi Unma Banten Sosialisasikan Ekodrainase dan Akuaponik

(PKPH, Pandeglang)-Masalah yang sering dihadapi masyarakat desa, khususnya di wilayah Cikeusik, Banten Selatan adalah kesulitan air bersih dan sering dilanda banjir. Program Studi Biologi Fakultas Sains, Farmasi, dan Kesehatan Universitas Mathla’ul Anwar Banten melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian Masyarakat di Desa Curug Ciung Kecamatan Cikeusik Pandeglang dengan mensosialisasikan konsep ekodrainase dan akuaponik di Kantor Desa Curug Ciung, pada Jum’at (9/8).

Dihadiri puluhan warga masyarakat, perangkat desa, mahasiswa KKN Unma Banten, dan Tim Dosen Biologi,  kegiatan ini mendapat antusias dari peserta. Ketua Prodi Biologi Unma Banten,  Swastika Oktavia, menyampaikan Ekodrainase adalah  suatu usaha mengalirkan air kelebihan ke sungai dengan waktu seoptimal mungkin sehingga tidak menyebabkan terjadinya masalah kesehatan dan banjir di sungai. Ekodrainase  dikenal juga dengan drainase ramah lingkungan, adalah sebagai upaya mengelola air kelebihan dengan cara sebesar-besarnya diresapkan ke dalam tanah secara alamiah atau mengalirkan ke sungai dengan tanpa melampaui kapasitas sungai sebelumnya. Dalam drainase ramah lingkungan, justru air kelebihan pada musim hujan harus dikelola sedemikian sehingga tidak mengalir secepatnya ke sungai. Namun diusahakan meresap ke dalam tanah, guna meningkatkan kandungan air tanah untuk cadangan pada musim kemarau.

Dosen Biologi Unma Banten, Hadi Susilo, juga menyampaikan tentang akuaponik, salah satu teknik budidaya tanaman dengan menggunakan media tanam berupa air yang di resirkulasi. Teknik ini dapat memanfaatkan sumber bahan lokal yang ada di masyarakat antara lain: batu apung, ijuk, bambu, ember. Dalam paparannya mengajak warga masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanami sayur mayur, seperti: cabe, tomat, kangkung, terong, untuk mencukupi kebutuhan keluarga warga masyarakat desa. Dengan budidaya sendiri masyarakat akan mendapat sayuran yang segar, higienis, dan halal.

Usman Setiawan, yang sekaligus menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN Unma Banten menyampaikan keberlanjutan program ini sangat penting, untuk mewujudkan gerakan aktifitas warga masyarakat yang berwawasan lingkungan sehat, dan kemandirian pangan keluarga.

Program Studi Biologi, adalah salah satu program studi yang ada di Fakultas Sains, Farmasi, dan Kesehatan, Universitas Mathla’ul Anwar Banten, telah terakreditasi BAN PT dengan nilai B, diasuh oleh dosen-dosen dari alumni perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Dosen yang mengikuti kegiatan ini adalah: Usman Setiawan, Swastika Oktavia, Mu’jijah, Nurullah Asep Abdillah, dan Hadi Susilo. (HS/02)

Read 251 times Last modified on Sabtu, 10 Agustus 2019 00:54
Rate this item
(4 votes)

Flag Counter

000588041
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
2173
2279
6276
25364
28329
588041
IP Anda: 18.208.159.25
15-10-2019 21:53

Kontak :

Ruang Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian
Gedung G ,  Universitas Mathla’ul Anwar Banten Jalan Raya Labuan Km 23 Saketi Pandeglang Banten.
KONTAK KAMI: