Inilah nama nama buah yang disebut dalam Al Qur'an (Bagian 1)

(PKPH, Jakarta)-Ada banyak ragam buah dengan bentuk, rasa dan warna serta nama yang berbeda yang pernah kita jumpai di dunia. Buah juga merupakan salah satu makanan yang menyehatkan bagi tubuh manusia. Begitu banyak jenis nama-nama dan bentuk buah, namun di sini penulis hanya akan membahas enam jenis buah seperti yang disebutkan dalam Al-Quran dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut enam buah yang disebut dalam Al-Quran dan manfaat bagi kesehatan:

  1. Buah Kurma

Buah kurma merupakan salah satu buah khas Timur Tengah. Biasanya kurma di Indonesia banyak dijumpai hanya selama bulan Ramadhan. Dengan tekstur buah kurma yang legit dan manis membuat banyak orang menyukainya. Buah kurma mengandung fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna. Makanan ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat menggantikan energi yang hilang.

Kurma juga dijadikan sebagai tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang berfikir seperti yang disampaikan oleh Allah dalam Al-Quran surat Ar-Ra’d ayat 4 yang berbunyi;

 وَفِى ٱلۡأَرۡضِ قِطَعٌ۬ مُّتَجَـٰوِرَٲتٌ۬ وَجَنَّـٰتٌ۬ مِّنۡ أَعۡنَـٰبٍ۬ وَزَرۡعٌ۬ وَنَخِيلٌ۬ صِنۡوَانٌ۬ وَغَيۡرُ صِنۡوَانٍ۬ يُسۡقَىٰ بِمَآءٍ۬ وَٲحِدٍ۬ وَنُفَضِّلُ بَعۡضَہَا عَلَىٰ بَعۡضٍ۬ فِى ٱلۡأُڪُلِ‌ۚ إِنَّ فِى ذَٲلِكَ لَأَيَـٰتٍ۬ لِّقَوۡمٍ۬ يَعۡقِلُونَ (٤)

“Dan di Bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman, dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” (Q.S Ar-Ra’d: 4)

Selain itu, kurma merupakan buah yang sering Allah SWT menyebutnya sebanyak 20 kali di 16 surah yang berbeda dalam Al-Qur’an. Bahkan Rasulullah Shallallahu Allaihi Wasalam (SAW) menjadikan kurma sebagai makanan wajib sehari-hari dalam keluarga. Kurma juga dapat dikonsumsi tanpa mengenal batas usia. Dari ujung akar sampai daun memiliki manfaat, dapat bertahan dalam suhu tinggi hingga 50º C dan dalam kadar garam yang ekstrim, bisa memiliki jangka waktu kadaluwarsa hingga 1,5 tahun.

Selain itu, kurma menurut ilmu kesehatan, juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan ibu-ibu yang menyusui anak untuk meningkatkan kesehatan janin di dalam perut ibu, mencegah ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak air susu.

“Berilah makan buah kurma kepada istri-istrimu yang sedang hamil, karena sekiranya wanita hamil itu makan buah kurma, niscaya anak yang lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun, serta cerdas. Sesungguhnya makanan Maryam tatkala melahirkan Nabi Isa adalah buah kurma. Sekiranya Allah menjadikan suatu buah yang lebih baik daripada kurma, maka Allah akan memberikan buah itu kepada Maryam.” (H.R Bukhari)

Senada hadits tersebut, Dokter Muhammad an-Nasimi dalam kitabnya, ath-Thib an-Nabawy wal ‘Ilmil Hadis (Pengobatan Ala Nabi dan Ilmu Modern) juga mengatakan bahwa perempuan hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula. Hal ini dikarenakan banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan jabang bayi, terlebih lagi jika hal itu membutuhkan waktu yang lama. Sehingga kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolennya, yaitu kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi. Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam Kurma basah (ruthab). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh.

Kurma segar memberikan manfaat besar kepada otak, dengan kandungan 2,2% protein, juga berisi banyak jenis vitamin A, B1, dan B2. Kurma sangat bergizi serta memberi energi meskipun dalam jangka waktu yang panjang kita tidak mengonsumsi makanan, itu sebabnya kurma sangat baik dikonsumsi.

  1. Buah Zaitun

Zaitun merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat bagi manusia. Bahkan Allah sering menyebutnya dalam Al-Quran, salah satunya dalam Surat An-Nahl ayat 11.

 يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرۡعَ وَٱلزَّيۡتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلۡأَعۡنَـٰبَ وَمِن ڪُلِّ ٱلثَّمَرَٲتِ‌ۗ إِنَّ فِى ذَٲلِكَ لَأَيَةً۬ لِّقَوۡمٍ۬ يَتَفَڪَّرُونَ (١١)

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda [kekuasaan Allah] bagi kaum yang memikirkan. (An-Nahl:11) 

Selain buahnya yang dapat menyehatkan fungsi hati karena klorin yang terkandung di dalamnya, zaitun juga dapat melancarkan saluran pencernaan. Buah zaitun juga dapat diolah menjadi minyak zaitun yang bisa digunakan sebagai minyak untuk memasak, kecantikan wajah, menutrisi rambut  dan masih banyak lagi.

Manfaat buah zaitun berasal dari nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organiknya, termasuk zat besi, serat, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat (asam lemak tak jenuh) dan berbagai antioksidan.

  1. Buah Anggur

Buah anggur sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Selain itu, buah anggur juga di Indonesia sangat mudah didapatkan karena banyak terjual ditempat perbelanjaan seperti pasar atau toko buah. Anggur juga sering disebut dalam Al-Quran. Beberapa ulama berpendapat anggur disebut dalam Al-Quran sebanyak enam kali. Bahkan dalam Al-Quran melambangkan kenikmatan dan kurnia Allah kepada hamba-Nya, sebagaimana firman Allah.

,,,أَيَوَدُّ أَحَدُڪُمۡ أَن تَكُونَ لَهُ ۥ جَنَّةٌ۬ مِّن نَّخِيلٍ۬ وَأَعۡنَابٍ۬ تَجۡرِى مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَـٰرُ لَهُ ۥ فِيهَا مِن ڪُلِّ ٱلثَّمَرَ

“Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan,,,” (Al-Baqarah: 266)

Adapun manfaat dalam buah ini yaitu mengandung vitamin yang terdapat di dalam buah ini, antara lain mineral (fosfor), kalsium, vitamin A dan B serta gula (glukosa  dan fruktosa). Hal-hal itu sangat diperlukan oleh limpa dan dikeluarkan ketika diperlukan seperti ketika berpuasa.

Ibnul Qayyim menjelaskan, “Anggur termasuk buah-buahan yang terbaik dan paling banyak kegunaannya, bisa dimakan dalam keadaan basah maupun kering, yang hijau dan masak maupun yang masih mengkal. Anggur menjadi buah sesungguhnya bila dikombinasikan dengan buah-buahan, menjadi makanan pokok bila digabungkan dengan makanan lain, menjadi lauk bila dikombinasikan dengan lauk lain, menjadi obat bila dicampur dengan obat lain dan menjadi minuman bila dicampur dengan minuman lain.”

Manfaat anggur juga bisa membantu tajamkan daya ingat, termasuk mengurangi risiko Alzheimer. Para ilmuwan percaya, bahwa nutrisi dalam buah anggur mampu melindungi bagian otak yang berkaitan dengan memori terhadap kerusakan. Penelitian yang dilakukan oleh University of California yang dipimpin Dr. Daniel Silverman menemukan ada perubahan yang signifikan pada peserta yang mengonsumsi buah anggur dalam bentuk bubuk dua kali sehari selama 6 bulan.  Setengah peserta diminta mengonsumsi bubuk anggur setara dengan 72 gram anggur sehari dalam 6 bulan, hasil menunjukkan, bahwa makan buah anggur mempromosikan aktivitas metabolisme yang sehat di daerah otak yang berkaitan dengan memori.

“Hasil penelitian menunjukkan asupan rutin anggur dapat memberikan efek baik bagi daya ingat, termasuk perlindungan terhadap penurunan memori awal yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer,” kata Dr. Daniel. Ia menambahkan, hal itu berlaku untuk semua jenis anggur, baik anggur hitam atau putih. (A/R10/P1)

 

Oleh: Hasanatun Aliyah Wartawan Kantor Berita MINA

Sumber: MINANEWS

Bersambung….

Read 360 times Last modified on Kamis, 04 Juli 2019 04:55
Rate this item
(4 votes)

Flag Counter

000550072
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
703
738
5384
15724
20488
550072
IP Anda: 34.204.194.190
21-09-2019 19:05

Kontak :

Ruang Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian
Gedung G ,  Universitas Mathla’ul Anwar Banten Jalan Raya Labuan Km 23 Saketi Pandeglang Banten.
KONTAK KAMI: