pertemuan juleha dinas pertanian propinsi Banten pertemuan juleha dinas pertanian propinsi Banten

PKPH Unma Banten Ikuti Pertemuan Teknis Juru Sembelih Halal di Serang Banten

(PKPH, Serang)-Status halal suatu bahan pangan bukan hanya sebagai kewajiban yang diperintahkan Allah SWT bagi kaum muslim atas makanan yang  dikonsusi tetapi kini sudah menjadi lifestyle yang menjadi syarat mutlak atas segala sesuatu yang dipakai dan dikonsumsi di kehidupan sehari-hari. Begitu pula dengan bahan pangan daging baik itu daging sapi, kerbau, dan ayam yang diperoleh dari rumah penyembelihan hewan (RPH) dimana syarat halalnya suatu bahan pangan hewani selain dari jenis hewan  yang diharamkan untuk dikonsumsi seperti: daging babi, anjing, hewan yang bertaring tajam dan hewan yang hidup di dua alam,  juga proses penyembelihan merupakan titik kritis yang menentukan status kehalalan daging.

Dalam rangka menjaga kehalalan atas komoditas daging yang beredar di pasaran, Pemerintah Provinsi Banten pada Rabu, 19 juni 2019 telah mengadakan Pendidikan dan Pelatihan terhadap para juru sembelih halal (JULEHA) yang diadakan di Auditorium Balai Pengembangan Peternakan, Kawasan Pusat Pertanian Terpadu Dinas Pertanian Provinsi Banten. Dalam kegiatan tersebut PKPH UNMA Banten berkesempatan hadir untuk terlibat sebagai peserta sekaligus sebagai tamu undangan dari pihak akademisi.

Pemateri yang diundang dalam kegiatan tersebut berasal dari Fakultas Kedokteran IPB yang merupakan dosen dan juga seorang auditor halal BPJPH yang ahli di bidang penyembelihan halal,  Drh. Supratikno, M.Si PA Vet dan juga dari MUI Provinsi Banten KH. Endang Saepul Anwar. Peserta selain mendapatkan ilmu mengenai teknik penyembelihan halal, dalam kegiatan tersebut diingatkan kembali atas kewajiban seorang juru sembelih dalam menjaga kehalalan ternak yang disembelihnya dari segi agama, dampak terhadap kualitas daging yang penyembelihannya tidak sempurna dan juga akan pentingnya sertifikasi dan keahlian berbahasa inggris bagi juru sembelih karena kesempatan bagi mereka untuk bisa berkarir diluar negri karena kebutuhan akan juru sembelih halal disana semakin tinggi.

Sesi kedua dilaksanakan praktik begaimana proses penyembelihan hewan yang benar juga mengevaluasi bagi juru sembelih disetiap wilayah banten bagaimana mereka biasa melakukan penyembelihan dan menkoreksi apabila terjadi kesalahan atas kebiasaan yang mereka lakukan. Diakhir acara dilakukan pembagian sertifikat bagi peserta pelatihan bahwa mereka sudah tersertifikasi sebagai juru sembelih halal yang sudah terdidik dan juga akan selalu dievaluasi dalam jangka waktu tertentu oleh Dinas Pertanian Pemerintahan Provinsi Banten.

Dengan terlaksananya kegiatan tersebut diharapkan terjaminmya status halal terhadap komoditas daging (sapi, kerbau dan ayam) diseluruh wilayah Provinsi Banten dan juga bagi para juru sembelih halal yang tersertifikasi dapat meningkatkan jenjang karirnya dengan tetap kritis untuk mau mengikut setiap kegiatan pelatihan dan meningkatkan kemampuan mereka. (Marlinda)

 

Read 64 times Last modified on Sabtu, 22 Jun 2019 23:51
Rate this item
(2 votes)
000508223
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
20
529
3175
8424
22023
508223
IP Anda: 54.92.148.165
21-07-2019 00:14

Flag Counter

Kontak :

Ruang Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian
Gedung G ,  Universitas Mathla’ul Anwar Banten Jalan Raya Labuan Km 23 Saketi Pandeglang Banten.
KONTAK KAMI: