selamat idhul fitri 1440H selamat idhul fitri 1440H

Kembali ke Suci, Mulailah dengan Makan yang Halal

(PKPH, Cilegon)-Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Alhamdulilah puasa di Bulan Ramadhan sudah kita laksanakan, semoga amal ibadah dan puasa kita mendapatkan ridho Allah SWT. Kami mengucapkan Selamat Iduhl Fitri, semoga kita dapat meningkatkan amal ibadah di bulan Syawal ini.

Islam adalah agama yang sempurna, agama yang sangat memperhatikan semua urusan  umatnya baik di dunia maupun di akherat. Perintah puasa Ramadhan disampaikan oleh Allah SWT dalam firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 183,”

 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagiamana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Ibn Abbas mendefinisikan takwa sebagai "takut berbuat syirik kepada Allah dan selalu mengerjakan ketaatan kepada-Nya".

 Musa bin A’yun berkata: Orang-orang yang bertakwa membersihkan diri dengan hal-hal yang halal karena takut jatuh pada hal-hal yang haram,  maka Allah menyebut mereka muttaqin. Ramadhan adalah masa kasih sayang Allah pada hambanya,  Ramadhan mendidik kita untuk membersihkan jiwa raga dan harta.

Membersihkan jiwa karena Ramadhan menghantar kita kepada taqwa, la’allakum tattaqun (supaya kamu bertaqwa), sebaik-baik jiwa adalah jiwa yang bertaqwa. Membersihkan raga karena puasa bermanfaat untuk mengembalikan asupan melancarkan metabolisme dan menyehatkan kerja organ dalam tubuh kita, Sumu tasihhu (puasalah agar kalian sehat). Membersihkan harta karena sesungguhnya Ramadhan saat yang baik untuk berinfaq dan berzakat, khuz min amwalihim shadaqotan tutahhiruhum watuzakkihim biha,  ambillah dari mereka zakat yang membersihkan dan menyucikan mereka (QS. At Taubah : 103). Ramadhan menjadikan harta, raga, dan jiwa kita kembali suci, kembali fitri. Inilah yang perlu kitarawat dan  jaga.

Bagaimana cara menjaga kesucian badan kita ?

Sebagai makhluk hidup tentu tidak lepas dengan makanan, makanan adalah sebagai sumber energi, dengan adanya makanan, proses metabolisme dalam tubuh dapat berjalan. Badan atau raga kita yang sudah kembali suci, harus kita jaga dan pelihara. Mulailah dengan makan makanan yang halal.

Ibnu Katsir menjelakaskan, makanan yang halal adalah makanan yang baik yang dihalalkan oleh Allah, sedangkan makanan yang baik adalah makanan yang tidak membahayakan tubuh dan akal. Sebagai muslim, tentu makanan bukan sekedar sumber energi,  makan adalah termasuk rangkaian ibadah kepada Allah, seperti yang diperintahkan kepada manusia. Perintah mengkonsumsi makanan halal, ditujukan untuk seluruh manusia, sebagaiman  dalam Firman Allah, :

 “Wahai sekalain manusia makanlah sebagaian dari makanan yang ada di bumi ini, yang halal dan baik dan janganlah kamu menuruti jejak langkah setan, sesungguhnya setan itu adalah musuh kamu yang nyata. (QS: Al-Baqarah:168), demikian juga Allah berfirman, “ Dan Allah telah menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk. (QS Al A’raf :157).

 Mari kita jadikan bulan Syawal, setelah kita kembali suci sebagai pembuka dan penghantar halaman pertama dari rangkaian amal ibadah yang lebih baik, inilah tugas kita sejak saat ini, detik ini, hingga akhir hayat. Semoga Allah memanjangkan umur, memberikan kekuatan dan kesehatan kita dengan memulai makan makanan halal, aamin.

 

Halal itu pilihan

Halal adalah kebutuhan

Halal untuk semua

 

Hadi Susilo,

Direktur Pusat kajian Produk halal (PKPH)

Universitas Mathla’ul Anwar Banten

Read 90 times Last modified on Rabu, 05 Jun 2019 01:31
Rate this item
(3 votes)
000493013
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
182
964
1146
15237
16226
493013
IP Anda: 54.210.158.163
17-06-2019 03:36

Flag Counter

Kontak :

Ruang Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian
Gedung G ,  Universitas Mathla’ul Anwar Banten Jalan Raya Labuan Km 23 Saketi Pandeglang Banten.
Dini (085727448081)
Zen (0811841317)
Hadi (081906112966)