Makanan Halal Melembutkan Hati

(PKPH, Cilegon)–Allah  memegang seluruh urusan dan mengatur rizki semua makhlukNya, Allah Yang Maha Mengetahui seluruh rahasia alam semesta, telah menetapkan apa-apa yang halal dan baik bagi manusia untuk dimakan. Semua makanan yang halal dan baik merupakan makanan pilihan dengan kualitas super yang dapat menyehatkan jasmani dan rohani, dan pasti tidak membahayakan untuk seluruh manusia, baik Muslim atau Non Muslim, Sebaliknya dengan makanan yang haram, pasti membahayakan jasmani dan rohani.

Syaitan akan selalu menggoda dan menyesatkan manusia dari syariat yang ditetapkan Allah dengan mengharamkan yang halal, dan menghalalkan yang haram. Sayyidina Ali meriwayatkan, bahwa Rasululah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang hidup dari makanan yang serba halal, cerahlah agamanya, lembutlah hatinya dan tidak ada dinding penghalang bagi doanya. Dan barang siapa yang makan dari makanan yang subhat, samarlah agamanya dan gelaplah hatinya. Dan barang siapa yang makan dari makanan yang haram, matilah hatinya, ringanlah agamanya, lemahlah keyakinannya dan Allah menutup doanya, serta sedikitlah ibadahnya. (Al Hadist)

Setiap daging yang tumbuh dari makanan yang haram(baik dzat maupun hukumnya), maka api neraka lebih berhak atasnya.(HR Tirmidzi)

Setiap makanan atau minuman akan diproses melalui metabolisme dalam tubuh untuk: sumber energi, pertahanan tubuh, dan pertumbuhan sel. Dengan makanan yang haram tentunya akan menghasilkan sel yang haram, Sel yang haram ini akan tumbuh menjadi otot atau daging yang haram. Daging yang haram inilah yang akan menjadi salah satu bahan api neraka.

Marilah, di bulan suci Ramadhan, saatnya kita introspeksi diri, saatnya muhasabah diri, jika hati kita sulit untuk khusyu’ dalam ibadah, atau jika terasa berat hati untuk memenuhi seruan kebaikan, dan jihad fi sabilillah, atau lebih ada kecenderungan hati kepada maksiat dan kemungkaran, mungkin hal ini bisa terjadi karena apa yang kita makan dan minum atau yang kita pakai ada yang tercampur dengan yang diharamkan Allah. Makanan halal akan melembutkan hati,  hati  menjadi bersih dan peka untuk menerima kebenaran yang telah ditetapkan Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

 

Hadi Susilo

Direktur Pusat Kajian Produk Halal (PKPH)

Universitas  Mathla’ul Anwar  Banten

Read 140 times Last modified on Kamis, 09 Mei 2019 02:27
Rate this item
(2 votes)
000508191
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
517
482
3143
8392
22023
508191
IP Anda: 54.92.148.165
20-07-2019 23:52

Flag Counter

Kontak :

Ruang Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian
Gedung G ,  Universitas Mathla’ul Anwar Banten Jalan Raya Labuan Km 23 Saketi Pandeglang Banten.
KONTAK KAMI: