tot dosen pendamping desa wisata tot dosen pendamping desa wisata

Akademisi Unma Banten Ikuti TOT Pendampingan Desa Wisata di Serang

(PKPH, Serang)-- Kementerian Pariwisata RI menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Dosen Pendamping desa wisata di Hotel Le Dian, Serang  19-21 Maret 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan desa wisata  dalam menghasilkan perubahan peningkatan kawasan desa menjadi kawasan desa wisata yang akan didatangi oleh wisatawan. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Neneng Nurcahayati, menyampaikan peran dosen pendamping dapat memperkuat pariwisata, khususnya di wilayah Banten. Dengan berbagai destinasi  wisata di Banten perlu diperkuat dengan peningatan daya tarik desa wisata perlu terus dilakukan dengan dukungan berbagai pihak, bukan saja tugas pemerintah saja, seluruh masyarakat berkewajiban untuk membuat kawasan desanya menjadi kawasan desa wisata yang akan banyak dikunjungi pariwisata.  Tujuh perguruan tinggi di Banten akan bekerja bersama selama 3 bulan untuk membuat desa di wilayah Provinsi Banten yang masih embrio menjadi desa wisata.  Kelompok Masyarakat Sadar Pariwisata (Pokdarwis) sudah dibentuk  dibeberapa wilayah di desa Provinsi Banten untuk mempermudah dalam pengembangan kawasan pedesaannya menjadi desa wisata yang akan dikembangkan di desanya sehingga mempermudah dalam proses pendampingan desa wisatanya

Universitas Mathlaul Anwaw Banten diwakili 5 orang dosennya, yakni: Tuti Rostianti, Ari Ekopriatno, Nenden Suciyawati, Dody Riswanto, dan Agus Setiawan akan menyampaikan  ide kretaif untuk bisa disharing dalam hal pengmbangan desa wisata  dengan perguruan tinggi yang diundang dalam acara ini.   Adanya interaksi antar lini di desa dengan pendamping menjadi proses belajar dalam mengembangkan kawasan desa wisata. Dengan Do, see, learn, buy  and arrive menurut ibu Lia Apriza (praktisi pariwisata dan dosen Stipar Bandung) menjadi misi dan target untuk mengajak wisatawan dating ke desa wisata.

Akan ada diskusi kelompok untuk membuat cara pendampingan yang baik dalam membentuk kekuatan dalam pendampingan desa wisata.  Masing-masing perguruan tinggi akan mempresentasikan cara pendampingan pemberdayaan desa wisata sehingga dapat memperbaiki kualitas dosen pendamping setelah TOT ini dilaksanakan. (Tuti/03)

Read 145 times
Rate this item
(3 votes)
000475616
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Bulan Lalu
Seluruhnya
6
303
309
14066
16760
475616
IP Anda: 35.175.248.25
27-05-2019 00:10

Flag Counter

Kontak :

Ruang Dekanat Fakultas Teknologi Pertanian
Gedung G ,  Universitas Mathla’ul Anwar Banten Jalan Raya Labuan Km 23 Saketi Pandeglang Banten.
Dini (085727448081)
Zen (0811841317)
Hadi (081906112966)